logo Kompas.id
OpiniPendekatan Multi, Inter dan...

Pendekatan Multi, Inter dan Transdisiplin dalam Penanganan Covid-19

Seandainya Covid-19 ini segera berakhir, dan kita berharap seperti itu, maka nilai penting dari buku ini adalah berbagai ulasan akademik tentang bagaimana kita selama hampir dua tahun ini harus living dangerously.

Oleh
AHMAD NAJIB BURHANI
· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/NAGCuGBsDsDtet04otOr2zSR_g0=/1024x944/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F12%2F20211217-Ilustrasi-Pendekatan-Multi-Inter-dan-Transdisiplin-dalam-Penanganan-Covid-19_1639757743.jpg
Kompas

Didie SW

Buku ini secara umum ingin menunjukkan bahwa penanganan pandemi Covid-19 tidak bisa hanya mengandalkan pendekatan kedokteran, kesehatan, dan farmasi. Ia tak bisa lepas dari pengetahuan lain dan mesti didekati secara komprehensif. Perlu pendekatan yang multidisiplin, interdisiplin, dan transdisiplin dalam memahami dan melawan Covid-19, tak cukup dengan satu disiplin dan satu pendekatan saja.

Seandainya Covid-19 ini segera berakhir, dan kita berharap seperti itu, maka nilai penting dari buku ini adalah berbagai ulasan akademik tentang bagaimana kita selama hampir dua tahun ini harus living dangerously, berjuang dalam bayang-bayang maut yang gentayangan melalui virus Covid-19. Bagaimana pelajaran ini dipakai agar tidak terjadi lagi pandemi di masa mendatang. Atau, jika pandemi datang lagi, kita lebih siap menghadapi dan mengatasinya. Inilah, misalnya, disampaikan oleh Sofia Mubarika di artikelnya yang berjudul “Pandemi Covid-19, Dampak terhadap Kesehatan Individu dan Masyarakat: Perlunya Kesiapan Menghadapi Outbreak yang Akan Datang?”

Editor:
Yohanes Krisnawan
Bagikan