logo Kompas.id
OpiniBuka Pintu Umrah untuk Indonesia

Buka Pintu Umrah untuk Indonesia

Umat Islam di Indonesia bakal dapat kembali menunaikan umrah ke Tanah Suci. Kerajaan Arab Saudi telah memberikan lampu hijau lewat nota diplomatik. Namun, rincian teknis pelaksanaan ibadah itu masih dibahas bersama.

Oleh Redaksi
· 1 menit baca
Memuat data...
AP/KEMENTERIAN HAJI DAN UMRAH ARAB SAUDI

Jemaah berjalan mengelilingi Kabah dalam rangkaian ibadah umrah di kompleks Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Minggu (4/10/2020). Awal November 2020 tersebut, Arab Saudi membuka  lagi layanan umrah untuk warga Arab Saudi dan ekspatriat setelah dihentikan selama tujuh bulan karena pandemi Covid-19.

Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi, Sabtu (9/10/2021) lalu, mengumumkan keputusan terbaru Pemerintah Arab Saudi yang memberikan lampu hijau bagi jemaah asal Indonesia untuk menunaikan ibadah umrah di Tanah Suci. Keputusan tertuang dalam nota diplomatik Kedutaan Arab Saudi di Jakarta, 8 Oktober 2021. Kebijakan itu tak lepas dari penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang dinilai semakin baik (Kompas, Minggu, 10 Oktober 2021).

Kabar ini melegakan umat Islam di Indonesia, khususnya yang menyiapkan diri untuk menjalani umrah di Mekkah. Kebijakan ini mengakhiri sekitar 18 bulan penutupan pintu jemaah umrah dari luar negeri, sejak Agustus 2021.

Editor: adiprinantyo
Bagikan
Memuat data..