logo Kompas.id
OpiniMendamba Buku Putih Pemulihan ...

Mendamba Buku Putih Pemulihan Dunia Penerbangan Nasional

Industri penerbangan tengah memasuki fase pemulihan kembali, dan ini bukan soal waktu semata tetapi juga kompetisi yang sehat. Karena itu mendesak penataan ulang buku putih kebijakan penerbangan nasional.

Oleh
RIDHA ADITYA NUGRAHA
· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/aLmXUl0tkFm_N4qebZxYauRpDD0=/1024x895/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F09%2F20210917-Ilustrasi-Mendamba-Buku-Putih-Pemulihan-Dunia-Penerbangan-Nasional_1631889044.jpg
Kompas

Didie SW

Industri penerbangan nasional mulai merasakan embusan angin segar seiring meredanya kasus positif Covid-19 di Tanah Air. Upaya bangkit tercermin dari kenaikan jumlah penumpang domestik walau belum signifikan. Pada bulan September, asa normalisasi lalu lintas penerbangan domestik bersinggungan erat dengan upaya pencegahan menjamurnya transmisi Covid-19 alhasil membatasi proses pemulihan.

Dunia penerbangan nasional sempat beberapa kali menyedot perhatian. Persoalan pelik Garuda Indonesia dengan lessor pesawat yang berujung menumpuknya utang hingga isu ketenagakerjaan terekspos. Investor publik ikut gigit jari dengan penghentian sementara perdagangan saham maskapai plat merah pada Bursa Efek Indonesia sejak 18 Juni 2021. Perlindungan hak karyawan dan etika berbisnis perusahaan dalam memandang manusia tengah diuji pada titik nadir ini.

Editor:
yovitaarika
Bagikan