logo Kompas.id
OpiniArtikel OpiniTeladan KH Muhammad Syamsul Arifin Istikamah Menjaga Bangsa

Teladan KH Muhammad Syamsul Arifin Istikamah Menjaga Bangsa

Almarhum Kiai Muhammad Syamsul Arifin semasa hidupnya tak ubahnya sumur kebaikan dan kebajikan yang senantiasa mengalir dan terus terbarukan bagi para santrinya dan sebagian masyarakat.

Oleh HASIBULLAH SATRAWI
· 1 menit baca

Kiai Muhammad Syamsul Arifin. Demikian nama lengkap salah satu ulama sepuh asal Madura yang meninggal pada 1 Juli lalu. Kiai Muhammad, demikian kami para santri biasa memanggilnya, merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar, Pamekasan, Madura. Selain sebagai pengasuh pondok pesantren, Kiai Muhammad juga merupakan Wakil Ketua Majelis Syariah di salah satu partai politik.

Bagi para santri dan sebagian masyarakat, Kiai Muhammad tak ubahnya sumur kebaikan dan kebajikan yang senantiasa mengalir dan terus terbarukan (banyu, anyar). Para santri dan sebagian masyarakat senantiasa menimba ilmu keislaman, perjuangan kenegaraan, dan teladan kehidupan dari Kiai Muhammad.

Ada beberapa pesan dan keteladanan dari Kiai Muhammad yang senantiasa ditekankan kepada para santri atau pun masyarakat yang menemuinya. Pertama, sikap istikamah. Secara sederhana, istikamah bisa dimaknai sebagai mulazamatul khair (menekuni kebaikan). Sikap istikamah tidak hanya diujarkan oleh Kiai Muhammad, melainkan juga dicontohkan hampir dalam semua lini kehidupan beliau.

Editor: Yovita Arika
Bagikan
Memuat data..