logo Kompas.id
OpiniDigitalisasi Pendidikan
Iklan

Digitalisasi Pendidikan

Fenomena ”learning lost” yang dikhawatirkan terjadi mudah-mudahan dapat diantisipasi dengan terobosan digital.

Oleh
Ega D Nindita
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/KjSmNFVaI1j5Upz8sQPNBGKiqQk=/1024x674/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F02%2Fc972c410-a3e9-415a-8cc6-a13fb6a0bd30_jpg.jpg
Kompas/Priyombodo

Seorang anak menggunakan gawai di kawasan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (18/2/2021). Pembelajaran jarak jauh secara daring selama pandemi Covid-19 dengan menggunakan gawai berdampak pada semakin mudahnya anak-anak mengakses gawai dengan berbagai fasilitasnya, seperti menonton dan bermain gim. Dibutuhkan perhatian orangtua untuk membatasi anak bermain gawai agar terhindar dari kecanduan.

Saya ingin berbagi pengalaman selama masa pandemi sebagai orangtua. Pembelajaran jarak jauh rupanya memungkinkan kami memahami gaya belajar anak sehingga bisa membantu anak beradaptasi dengan ”gaya belajar” masing-masing secara personal.

Hal itu sesuatu yang barangkali agak sulit dilakukan oleh guru di kelas karena keterbatasan tenaga dan waktu serta tanggung jawab terhadap peserta didik yang ”banyak”. Akibatnya, dalam kasus anak kami, prestasi belajarnya meningkat dengan baik. Tingkat pemahaman ia akan materi melampaui sebelumnya.

Editor:
agnesaristiarini
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000