logo Kompas.id
OpiniTajuk RencanaDaya Lenting Bangsa Diuji

Daya Lenting Bangsa Diuji

Presiden Joko Widodo memutuskan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) level 4 hingga 2 Agustus. Kendati berat, kondisi ini harus dihadapi.

Oleh Redaksi
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/AGNE SWETTA PANDIA

Warga Kota Surabaya, Jawa Timur, menikmati suasana lalu lintas yang tidak ramai pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, Minggu (25/7/2021) dengan bersepeda di Jalan Ir Soekarno (MERR). Jalan tersebut berada di wilayah Gunung Anyar yang berbatasan dengan Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo.

Gelombang kedua Covid-19  yang kita hadapi saat ini ditandai dengan adanya lonjakan kasus harian hingga empat kali lipat dari kasus harian tertinggi pada gelombang pertama. Kendati kini kurva sudah mulai menurun, penurunan tersebut belum signifikan.

Kasus harian tertinggi pada gelombang pertama tercatat pada 30 Januari 2021, yaitu 14.518 kasus. Pada gelombang kedua, kasus harian melonjak hingga 56.775 kasus di 15 Juli 2021. Kemarin, kasus harian sudah mulai menurun, yaitu 38.679 kasus, tetapi masih jauh di atas gelombang pertama.

Editor: Adi Prinantyo
Bagikan
Memuat data..