logo Kompas.id
OpiniKomunikasi Sosial ”Dahwen” dan...
Iklan

Komunikasi Sosial ”Dahwen” dan Covid-19

Dalam keprihatinan bersama menghadapi Covid-19 saat ini, strategi komunikasi sosial untuk memperkuat harapan dan daya tahan menghadapi situasi sangat mendesak kita lakukan.

Oleh
JC TUKIMAN TARUNA
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/zID4Y4fXyRThi3w4weYQfUveE3Y=/1024x649/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F07%2F20210720-Ilustrasi-Opini-Komunikasi-Sosial-Dahwen-dan-Covid-19_1626792212.jpg
DIDIE SW

Didie SW

Aliran informasi sebagai salah satu bentuk komunikasi sosial atau komsos dahwen (bacalah seperti Anda mengucapkan ”pamer”)—selanjutnya penulis sebut ”komsos dahwen”—rupanya sengaja sedang dikembangkan sebagai model narasi pendidikan politik (picisan) oleh segelintir orang (dan organisasi) justru di tengah kegentingan pandemi Covid 19 pada saat ini.

Mengapa dan apa tujuannya? Berdasarkan aliran informasi dan narasi yang dikembangkan, kita dapat menduga kesengajaan itu bertujuan untuk ”mematangkan situasi”, seraya ingin menimbulkan stres-stres baru di tengah-tengah kondisi yang memang sedang serba sulit atau genting saat ini.

Editor:
yohaneskrisnawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000