logo Kompas.id
OpiniDrama Korea dan Kecerdasan...
Iklan

Drama Korea dan Kecerdasan Semiotika Penonton Indonesia

Menonton drama Korea tidaklah semudah yang dibayangkan karena harus terampil membagi perhatian antara melihat tayangan, mendengarkan audio, sekaligus membaca teks terjemahan. Jalan ceritanya pun tak mudah ditebak.

Oleh
PRIHANDARI SATVIKADEWI
· 6 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/al-RqSuLSA7CMAY0DtHKIbE5SVY=/1024x658/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F07%2F20210709-ILUSTRASI-OPINI-Drama-Korea-dan-Kecerdasan-Semiotika-Penonton-Indonesia_1625841217.jpg
KOMPAS/SUPRIYANTO

Supriyanto

Dua minggu setelah wabah Covid-19 ditetapkan sebagai bencana nasional oleh pemerintah, seorang selebtwit (pemilik akun Twitter dengan ribuan pengikut) mencuit, ”Semua akan nonton drakor pada waktunya”.

Kalimat sependek 33 karakter yang diunggah pada akhir Maret 2020 malam tepat pukul 11.11 itu mendapat 31.400 likes, 8.402 retweet, dan dikutip sebanyak 1.328 kali. Di bawah cuitan tersebut masih ada lagi ratusan respons dari sesama penduduk twitterland, ada yang setuju, ada yang menolak, ada juga yang malah menawarkan rekomendasi drama-drama wajib tonton untuk penggemar baru serial ”Negeri Ginseng” ini.

Editor:
yovitaarika
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000