logo Kompas.id
OpiniEkonomi Kreatif di Tengah...
Iklan

Ekonomi Kreatif di Tengah Pandemi

Meski potensinya sangat besar, daya saing ekonomi kreatif Indonesia masih lemah dibanding negara ASEAN lain. Rendahnya kemampuan SDM dalam transfer teknologi dan kreativitas membuat pertumbuhannya belum optimal.

Oleh
Redaksi
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/YZaVidJGLwWdBxY4dvEzsn7aqRo=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F04%2F37aa353e-de6e-447b-9d3b-7d2fde802559_jpg.jpg
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Penjaga gerai merapikan sepatu kanvas merk lokal yang dipamerkan pada ajang Pameran Sepatu "Sneakers Brand Lokal" di Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta, 30 April 2021.

Dengan kurva kasus harian Covid-19 yang kembali melonjak, prospek pemulihan cepat sektor ekonomi kreatif dan perekonomian nasional kembali terancam.

Kontraksi di sektor penyumbang signifikan produk domestik bruto (PDB), penyerapan tenaga kerja, dan ekspor ini diperkirakan masih berlanjut di 2021 (Kompas.id, 27/6/2021). Kita dipaksa beradaptasi cepat. Kebijakan strategi industri kreatif yang berkelanjutan di tengah pandemi yang belum jelas kapan berakhir menjadi pilihan yang tak bisa ditawar-tawar.

Editor:
A Tomy Trinugroho
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000