logo Kompas.id
OpiniPemberdayaan Wirausaha pada...
Iklan

Pemberdayaan Wirausaha pada Era Ekonomi Baru

Ketika membicarakan UMKM; kita tak dapat lepas dari kewirausahaan. Kewirausahaan adalah “jiwa” bagi pebisnis yang mendedikasikan hidupnya untuk selalu menghasilkan nilai komersial (Gaddefors, Anderson, Alistair, 2017).

Oleh
MOCH DODDY ARIEFIANTO
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/Zq2OkigH_CkiE-8hb3eYMiXH5iQ=/1024x715/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F06%2F20210214-Opini-6_web_1623245312.jpg

Dilihat dari jumlah orang, UMKM adalah pelaku ekonomi terbesar di Indonesia. Data Kementerian Koperasi dan UMKM menunjukkan per akhir 2019; terdapat hampir 65,5 juta UMKM (99,9 persen total usaha nasional) yang menyerap lebih dari 119,5 juta tenaga kerja (96,9 persen tenaga kerja nasional).

Dari jumlah ini 64,6 juta (98,7 persen total usaha nasional) adalah usaha mikro yang menyerap lebih dari 109,8 juta tenaga kerja (89 persen tenaga kerja nasional). UU No 20/2008 mendefinisikan usaha mikro sebagai usaha dengan omzet hingga Rp 300 juta (atau modal sampai dengan Rp 50 juta). Usaha menengah omzet Rp 2,5 miliar-Rp 50 miliar, modal Rp 500 juta-Rp 10 miliar.

Editor:
yohaneskrisnawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000