logo Kompas.id
OpiniBRIN, Sebuah Sisi Pandang
Iklan

BRIN, Sebuah Sisi Pandang

Setelah bolak-balik berganti dalam kelembagaan, mungkin pertanyaan yang relevan dan terpenting: mau riset apa? Jelasnya strategi riset apa dan mana yang diperlukan.

Oleh
BAMBANG KESOWO
· 7 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/mwYF3t9bmO_QX_EsDQCH0sZ9T0w=/1024x1791/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F06%2F20210603-Iluistrasi-Opini-6a-BRIN-Sebuah-Sisi-Pandang_CLR_1622729799.jpg
DIDIE SW

Didie SW

Sisi pandang kali ini bukan ihwal dan seluk-beluk riset itu sendiri. Bukan tentang substansi dan bagaimana melaksanakan riset. Itu urusan para cerdik pandai di dunia tersebut.

Di perguruan tinggi, jumlah mereka banyak. Di lembaga-lembaga pemerintahan juga banyak dan asalnya pun sebagian besar dari perguruan tinggi pula. Perdebatan tentang rasio tenaga periset yang rendah terhadap jumlah penduduk, sudah sering terdengar. Sama halnya dengan standardisasi dan kualifikasi tenaga riset atau kriteria dan mana yang layak disebut periset.

Editor:
yohaneskrisnawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000