logo Kompas.id
OpiniArtikel OpiniMembangun Ekosistem Batu Mulia yang Berkelanjutan

Membangun Ekosistem Batu Mulia yang Berkelanjutan

Demam batu mulia di Indonesia hanya berlangsung sesaat, 2014-2015. Pemerintah gagal memanfaatkan momentum tersebut. Perintah perlu belajar dari Thailand yang sangat serius menggarap pasar batu mulia dari hulu ke hilir.

Oleh ANDRE NOTOHAMIJOYO
· 1 menit baca

Di saat Pandemi Covid-19, sektor pariwisata yang digadang-gadang menjadi salah satu penggerak ekonomi nasional justru menjadi sektor yang terdampak paling serius. Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk mendongkrak sektor pariwisata belum membuahkan hasil optimal. Upaya menarik wisatawan mancanegara menghadapi ancaman serius berupa penyebaran virus Covid-19 yang saat ini kembali melonjak.

Memuat data...

Andre Notohamijoyo

India saat ini menghadapi gelombang kedua penyebaran virus Covid-19 yang dahsyat. Gelombang kedua tersebut bahkan menyebabkan Pemerintah India kewalahan mengatasi lonjakan pasien di rumah sakit maupun banyaknya warga yang tewas akibat terpapar virus Covid-19. Masuknya warga negara India ke Indonesia dalam sebulan terakhir menambah kecemasan masyarakat. Terlebih sebagian individu yang dikarantina terbukti positif Covid-19.

Editor: Yovita Arika
Bagikan
Memuat data..