logo Kompas.id
OpiniArtikel OpiniMusim Semi Pemulihan Ekonomi

Musim Semi Pemulihan Ekonomi

Berdasarkan data-data terkini, Indonesia mulai memasuki masa pemulihan ekonomi. Namun, kegagalan mengendalikan pandemi akan memengaruhi segala upaya yang dilakukan guna mendorong pemulihan ekonomi.

Oleh AGUS SUGIARTO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Gedung-gedung perkantoran di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu (5/5/2021). Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2021 masih negatif. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perekonomian pada tiga bulan pertama tahun ini minus 0,74 persen. Namun, pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 secara konsisten mengalami perbaikan dibandingkan tahun lalu.

Beberapa hari lalu Badan Pusat Statistik mengeluarkan data terbaru pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan I-2021 yang masih mengalami kontraksi sebesar minus 0,74 persen (year on year/yoy). Namun, apabila dilihat secara triwulanan, ekonomi kita sudah mengalami perbaikan dengan pertumbuhan dari minus 2,19 persen pada triwulan IV-2020 menjadi minus 0,96 persen pada triwulan I-2021.

Perbaikan itu memperlihatkan adanya perubahan yang signifikan walaupun ekonomi kita masih berada dalam zona resesi. Tren positif tersebut sekaligus membuktikan bahwa tanda-tanda pertumbuhan ekonomi Indonesia ke arah pemulihan terlihat semakin jelas dari waktu ke waktu.

Editor: Yohanes Krisnawan
Bagikan
Memuat data..