logo Kompas.id
β€Ί
Opiniβ€ΊPentingnya Keberpihakan...

Pentingnya Keberpihakan terhadap Riset

Peleburan Kemendikbud dengan Kemenristek serta pembentukan Badan Riset dan Inovasi Nasional sebagai institusi otonom mengundang pertanyaan terkait apa sesungguhnya visi dan strategi pemerintah terhadap dunia riset.

Oleh
NOORY OKHTARIZA
Β· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/6pZgbfdDZuBucH3T1RKmF3IUmDg=/1024x739/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F04%2F20210414-Opini-6_Riset-dan-Inovasi-Disimpang-jalan_1618408234.jpg
DIDIE SW

Didie SW

Peleburan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) serta pembentukan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai institusi otonom pada reshuffle kabinet lalu mengundang pertanyaan terkait apa sesungguhnya visi dan strategi pemerintah untuk memajukan dunia riset di Tanah Air.

Pertanyaan ini lumrah belaka, mengingat sebelum dan seusai pelantikan, Presiden Jokowi tidak memberikan semacam arah kebijakan yang ia inginkan di bidang riset. Apa sesungguhnya yang diinginkan Presiden? Mengapa harus dilakukan bongkar pasang kementerian? Jika memang ada visi jelas, mengapa penggabungan dan pembentukan badan otonom ini tidak serta-merta dilakukan sejak awal pemerintahan?

Editor:
yohaneskrisnawan
Bagikan