logo Kompas.id
OpiniArtikel OpiniKesejahteraan Buruh di Tengah Pandemi

Kesejahteraan Buruh di Tengah Pandemi

Kesejahteraan buruh berkontribusi dalam mendorong pemulihan ekonomi Indonesia di tengah pandemi. Peran pemerintah sebagai mediator untuk menjamin timbulnya keadilan serta kepastian hukum bagi kedua pihak.

Oleh MARDHA TS
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/PANDU WIYOGA

Sebanyak 148 buruh migran dari Malaysia pulang ke Indonesia melalui Pelabuhan Batam Centre, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (1/5/2021). Data Satuan Tugas Khusus Pemulangan Buruh Migran Kepri menunjukkan, sejak 1 Januari hingga 1 Mei 2021, terhitung ada lebih kurang 14.000 buruh migran yang pulang melalui Batam.

Hari Buruh Internasional tahun ini, seperti juga 2020, masih diselimuti pandemi Covid-19. Setahun terakhir merupakan salah satu masa yang berat bagi para pekerja. Pembatasan mobilitas dan aktivitas akibat pandemi menyebabkan banyak bisnis tutup dan sebagian pekerja kehilangan sumber mata pencarian utamanya.

Menurut catatan Badan Pusat Statistik, Covid-19 memberikan dampak terhadap 14,28 persen penduduk usia kerja, atau 29,12 juta jiwa dari total populasi 203,97 juta jiwa. Angka ini terdiri dari 2,56 juta jiwa yang menganggur, 0,76 juta jiwa bukan angkatan kerja (BAK), 1,77 juta jiwa yang sementara tak bekerja, dan 24,03 juta jiwa yang mengalami pengurangan jam kerja. Semua akibat pandemi.

Editor: Yohanes Krisnawan
Bagikan
Memuat data..