logo Kompas.id
OpiniKoran Indonesia

Koran Indonesia

Era revolusi industri 4.0 telah mendisrupsi berbagai lini kehidupan manusia, termasuk media cetak. Teknologi membuat manusia ingin serba instan, termasuk dalam memperoleh informasi dan berita.

Oleh Budi Sartono Soetiardjo
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas

Sejumlah mahasiswa dari berbagai latar belakang yang mengambil program Bahasa Indonesia di University of Washington di Seattle, Amerika Serikat, Jumat (4/11) petang waktu setempat atau Sabtu (5/11) waktu Indonesia bagian barat, melihat-lihat koran berbahasa Indonesia yang ada di perpustakaan Suzallo di University of Washington. Membaca koran menjadi salah satu cara mereka untuk memperlancar bahasa Indonesia.

Sungguh memprihatinkan nasib media cetak Indonesia. Awal tahun 2021 ditandai dengan berhentinya tiga media cetak nasional yang hadir dalam bentuk koran konvensional meski kabarnya masih hadir secara digital.

Hingga kini, sudah puluhan media cetak nasional dan daerah tutup akibat serbuan media digital. Media cetak Indonesia telah memasuki masa senja seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi via internet. Bersyukur beberapa masih mampu bertahan.

Editor: agnesaristiarini
Bagikan
Memuat data..