logo Kompas.id
OpiniArtikel OpiniPaham Sebelum Berinvestasi

Paham Sebelum Berinvestasi

Sebelum berinvestasi, pahami tujuan berinvestasi, kebutuhan penggunaan dana, dan potensi imbal hasil dan risikonya. Anda akan memahami uang tersebut bekerja dan keputusan investasi yang akan membantu mencapai impian.

Oleh Prita Hapsari Ghozie
· 1 menit baca
Memuat data...
ARSIP PRIBADI

Prita H Ghozie

Tahun 2020, Bursa Efek Indonesia mencatat ada 1.695.268 Single Investor Identification alias meningkat 53,47 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini juga linear dengan penambahan investor SBN Ritel dari Kementerian Keuangan dan juga penambahan investor emas di pegadaian. Berita baik ini menunjukkan bahwa tingkat inklusi keuangan di Indonesia kemungkinan besar meningkat. Namun, bagaimana dengan literasinya?

Pakar investasi Warren Buffet mengatakan, ”Someone’s sitting in the shade today because someone planted a tree a long time ago.” Dari kalimat tersebut bisa dipahami bahwa investasi adalah proses non-instan dan membutuhkan beberapa kondisi untuk bisa mencapai tujuan. Mengelola kekayaan ibarat mengelola sebuah taman yang cantik. Butuh kombinasi antara bibit yang ciamik, lingkungan yang mendukung, dan alat berkebun yang baik. Tanah subur tanpa alat yang tepat, tentu tidak akan mencapai hasil kebun yang diimpikan.

Editor: Mohammad Hilmi Faiq
Bagikan
Memuat data..