logo Kompas.id
OpiniPelayanan Kesehatan...
Iklan

Pelayanan Kesehatan Pasca-pandemi Covid-19

Ternyata banyak pasien yang mengalami penundaan pemeriksaan dan terapi, termasuk operasi. Mereka dapat memahami keadaan ini, tetapi khawatir perubahan yang terjadi ini akan menetap meski pandemi telah berakhir.

Oleh
Samsuridjal Djauzi
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/lGwV6d7symGtOg09fhoG3GsgO6k=/1024x1181/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F03%2F33765752_1551446263.jpg
ARSIP PRIBADI

Samsuridjal Djauzi

Saya bukan dokter, tetapi senang mengikuti berita kesehatan. Di rumah, selama pandemi Covid-19 ini ada dua anggota keluarga saya yang kesulitan mengakses layanan kesehatan. Ibu saya, 68 tahun, penderita diabetes melitus, sejak Maret tahun lalu tak dapat bertemu dengan dokter spesialis yang merawat beliau. Dokter ibu sudah senior dan hanya bersedia memberikan konsultasi jarak jauh dengan video call. Untunglah keadaan diabetes ibu terkendali dan obat yang biasa dapat diteruskan. Pemeriksaan laboratorium dilaksanakan lebih jarang.

Namun, ketika paman saya didiagnosis kemungkinan kanker paru, prosedur untuk menegakkan diagnosisnya agak tertunda-tunda. Paman saya agak takut ke rumah sakit, pihak rumah sakit juga membatasi pemeriksaan penunjang serta laboratorium sehingga paman harus menunggu. Untunglah hasil akhirnya paman bukan kanker paru, tetapi kemungkinan terkena infeksi jamur. Sekarang paman dalam pengobatan dan hasilnya baik, terapi dapat dilanjutkan di rumah dengan minum tablet.

Editor:
sariefebriane
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000