logo Kompas.id
OpiniTawa Medusa

Tawa Medusa

Hélène Cixous melalui esainya yang berjudul “Tawa Sang Medusa” mengatakan, pembebasan tubuh perempuan ditempuh melalui bahasa. Ia menekankan pentingnya perempuan menulis, menarasikan hidupnya.

Oleh Saras Dewi
· 1 menit baca
Memuat data...
ARSIP PRIBADI

Saras Dewi

Legenda menuturkan Medusa sebagai makhluk yang mengerikan. Kepalanya ditumbuhi ular-ular yang menjuntai, mendesis ganas. Matanya begitu mematikan sehingga siapa pun yang dipandangnya akan berubah menjadi batu. Medusa menjadi simbol teror yang membuat gentar musuh-musuhnya. Mitos tentang Medusa disampaikan dari masa ke masa oleh penyair seperti Homer, Hesiod, dan Ovid.

Medusa ditampilkan sebagai monster yang akhirnya dikalahkan oleh sang protagonis Perseus. Tidak cukup membunuh Medusa dengan cara memenggal kepala perempuan itu, Perseus juga membawa kepala itu sebagai senjata. Sebab, mata yang mematikan itu tetap ampuh mengubah siapa pun menjadi batu. Kepala Medusa yang dimutilasi itu digunakan Perseus untuk mengalahkan raksasa laut, mengukuhkan posisi dirinya sebagai pahlawan yang masyhur terukir di langit.

Editor: sariefebriane
Bagikan
Memuat data..