logo Kompas.id
OpiniSurat PembacaHubungan Bilateral

Hubungan Bilateral

Seharusnya Benny Wenda tidak boleh tinggal di Inggris karena yang bersangkutan seorang narapidana dan separatis dengan mendeklarasikan diri sebagai Presiden Papua Barat.

Oleh Mustakim
· 1 menit baca

Hubungan bilateral antarnegara diatur dalam Konvensi Vienna Tahun 1961 tentang Hubungan Diplomatik dan Konvensi Vienna Tahun 1963 tentang Hubungan Konsuler.

Menurut Konvensi Vienna, seorang WNA yang bermasalah secara hukum—seperti ditangkap polisi karena tindak kriminalitas, ditahan, diadili, meninggal, atau terlibat masalah hukum lain—pemerintah tempat WNA itu tinggal harus memberi tahu kedutaan besar dari WNA tersebut.

Termasuk kalau negara tersebut telah memberikan kewarganegaraan kepada WNA itu, paspor dikembalikan kepada negara asal melalui kedutaan besarnya. Ini mengingat Indonesia tidak menganut hukum dwikewarganegaraan, kecuali seseorang lahir dari orangtua yang berbeda kewarganegaraan. Namun, setelah umur 18 tahun, anak harus memilih ikut kewarganegaraan ibu atau bapak (UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan).

Editor: Agnes Aristiarini
Bagikan
Memuat data..