logo Kompas.id
OpiniSurat PembacaHati-hati Revisi UU ASN

Hati-hati Revisi UU ASN

Lebih baik birokratis, tetapi sistem merit bisa terwujud daripada bergerak mundur, apalagi putar balik. Sayang, itu bisa membuat birokrasi kita semakin tertinggal.

Oleh Alamsyah
· 1 menit baca

Untuk mewujudkan tujuan negara sesuai pembukaan UUD 1945, perlu dibangun aparatur sipil negara yang berintegritas, profesional, serta bebas dari intervensi politik dan praktik korupsi. ASN harus mampu melayani publik dengan baik dan menjadi unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Kita tahu, saat ini manajemen ASN belum berdasarkan pada perbandingan kompetensi dengan kualifikasi jabatan. Akibatnya, pengangkatan, penempatan, dan promosi jabatan belum sejalan dengan tata kelola pemerintahan yang baik.

Untuk mewujudkan ASN sebagai bagian dari reformasi birokrasi, ASN harus menjadi profesi dengan kewajiban mengelola dan mengembangkan diri, bertanggung jawab pada kinerja, dan menerapkan prinsip merit dalam pelaksanaan manajemen ASN. Semua ini menjadi pertimbangan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Editor: Agnes Aristiarini
Bagikan
Memuat data..