logo Kompas.id
OpiniTentang Profil Pelajar...
Iklan

Tentang Profil Pelajar Pancasila

Kita tidak boleh lupa, Pancasila inilah yang mempertemukan kita sebagai bangsa Indonesia, maka upaya mengarusutamakan kembali Pancasila dalam pembangunan SDM oleh Kemendikbud patut mendapat pujian.

Oleh
FX ADJIE SAMEKTO
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/uo72PPdGw9BWzxrYziw1tGehB70=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F02%2F3c257d0e-71bf-431b-b90d-37f8f0b7d23d_jpg.jpg
Kompas/Wawan H Prabowo

Para murid kelas 8 SMP Negeri 1 Pandawai Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, menyimak penjelasan guru mereka di rumah warga di Desa Watumbaka, Pandawai, Sumba Timur, Rabu (3/2/2021). Para murid dan guru menjadikan tempat tersebut sebagai titik kumpul dalam pembelajaran luring atau luar jaringan selama pandemi Covid-19. Para guru di SMP Negeri 1 Pandawai dalam satu hari harus pergi ke 5 hingga 6 titik kumpul untuk bertemu para muridnya.

Profil Pelajar Pancasila yang diterbitkan Kemendikbud merupakan gambaran ideal tentang pelajar Indonesia, untuk membangun SDM yang unggul. Dalam konsepsi Kemendikbud, SDM yang unggul merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Karena itu, pengembangan SDM harus bersifat holistik dan tak terfokus pada kemampuan kognitif saja.

Dengan merujuk pada Pancasila, Kemendikbud memberikan kriteria pelajar yang ideal. Pertama, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME), dan berakhlak mulia. Kedua, mandiri. Ketiga, bernalar kritis. Keempat, berkebinekaan global. Kelima, bergotong royong. Keenam, kreatif.

Editor:
yohaneskrisnawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000