logo Kompas.id
Opini"Neobank" dan Perbankan Masa...
Iklan

"Neobank" dan Perbankan Masa Depan

Pesatnya perkembangan ”fintech” dan munculnya wacana neobank memperlihatkan mendesaknya kebutuhan agar institusi perbankan semakin memperhatikan kenyamanan nasabah dalam menggunakan layanan.

Oleh
YOSEA ISKANDAR
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/pVQiXDobe0ehiSsiD1eeO-oGUxg=/1024x579/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F11%2F20201118-Opini-7-Tantangan-Fintech-Landing_1605709365.jpg

Kenyamanan dalam menggunakan aplikasi keuangan digital membuat financial technology (fintech) menjadi cepat populer. Fintech berhasil menembus pasar layanan sistem pembayaran dan pendanaan yang sebelumnya dikuasai perbankan dengan tawaran lebih cepat, murah, mudah.

Di tengah migrasi nasabah perbankan ke fintech, berembus wacana baru bernama neobank, yaitu perusahaan yang memiliki izin beroperasi sebagai bank, tetapi sepenuhnya dijalankan secara digital. Dengan teknologinya, neobank tidak membutuhkan kantor cabang ataupun anjungan tunai (ATM) sendiri.

Editor:
yohaneskrisnawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000