logo Kompas.id
OpiniKetika Platform Digital...
Iklan

Ketika Platform Digital Berubah Haluan

News Tab merupakan permainan politik Facebook untuk memanfaatkan perseteruan antara Google dan penerbit. Facebook mencoba mengambil momentum untuk menarik simpati penerbit yang sedang bersitegang dengan Google.

Oleh
AGUS SUDIBYO
· 6 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/cEpS7AS8XCQUlRig8MZE86jmRPg=/1024x1163/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F01%2F20210107-Opini-7Ketika-Platform-Digital-Berubah-Haluan_1610028555.jpg

November 2020, Google bersepakat dengan penerbit Perancis, seperti Le Monde, Le Figaro, Liberation, L’Express, Courrier International, dan L’Obs, tentang kompensasi ekonomi untuk pemuatan nukilan berita (news snippet) dalam daftar pencarian Google.

Desember 2020, Facebook mengalokasikan dana jutaan poundsterling untuk kompensasi penyajian berita milik penerbit di Inggris di situs media sosial itu. Cukup mengejutkan bahwa Google dan Facebook akhirnya menempatkan penghargaan atas hak cipta karya jurnalistik sebagai proyek berskala global. Bahkan, keduanya seperti berebut meraih simpati para penerbit di seluruh dunia. Google meluncurkan News Showcase. Tak mau kalah, Facebook meluncurkan Newstab dalam kerangka sama.

Editor:
yohaneskrisnawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000