logo Kompas.id
OpiniJuki Sang Ideolog
Iklan

Juki Sang Ideolog

Kesuksesan komik Juki sebagai revitalisasi komik Indonesia sehingga memungkinkannya berkedudukan ideolog tak lain karena baris-komik anekdotnya bermula dari Facebook. Selebihnya adalah sejarah.

Oleh
Seno Gumira Ajidarma
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/DbhsAIP3XylAxCFXWXL27x1Y3B0=/1024x1110/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F01%2Fkompas_tark_11011712_55_0.jpeg
Kompas/Hendra A Setyawan

Seno Gumira Ajidarma

Kiranya bukan kebetulan jika gambar sampul edisi istimewa Ngampus: Buka-bukaan Aib Mahasiswa (2016), yang semula terbit tahun 2011, terujukkan kepada gambar sampul buku Scott McCloud, Reinventing Comics (2000), bahwa komikus kini bekerja bukan dengan dua, melainkan enam tangan. Artinya, media komik, dalam proses kreatif, hasil akhir, dan pemasarannya, tidak lagi berhenti pada kertas dan tinta yang akan menjadi buku cetakan, tetapi merambah dunia digital sehingga hadir secara virtual. Media baru telah mengatasi segala kendala media cetak (Ajidarma, ”Metakomik Scott McCloud”, Kompas, 8 September 2008).

Komikus sebagai ideolog

Editor:
Mohammad Hilmi Faiq
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000