logo Kompas.id
OpiniPelayanan Kedokteran Keluarga ...
Iklan

Pelayanan Kedokteran Keluarga dengan Telemedicine

Situasi pandemi seperti saat ini ”telemedicine” disarankan menjadi pilihan walaupun masih dapat menjangkau fasilitas medis. Mengingat ”telemedicine” memungkinkan pasien berkonsultasi dengan dokter tanpa bertemu langsung.

Oleh
ANIES
· 6 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/YQx3N987CZtflQWQACt5I7Hl-xk=/1024x544/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F12%2Fdd4b36a8-c848-47c1-ac72-7576cf935084_jpg.jpg
Tangkapan Layar Zoom

Dampak pemanfaatan aplikasi layanan kesehatan jarak jauh (telemedicine) Siap Dok dari RSCM di Jakarta terhadap jumlah kunjungan dan pasien rujukan ke rumah sakit.

Dalam era globalisasi, persaingan dalam pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan kedokteran, diperkirakan semakin ketat. Kebutuhan masyarakat akan pelayanan kedokteran yang bermutu dan manusiawi sudah tidak dapat ditunda lagi. Hal ini mengingat pelayanan kedokteran meskipun berkembang pesat, semakin terkotak-kotak dengan munculnya berbagai spesialisasi dan subspesialisasi.

Lebih parah lagi, semakin berkembangnya komersialisasi pelayanan kesehatan dan kedokteran, menurunnya etos profesionalisme, serta ditemukannya berbagai pelanggaran norma dan etika kedokteran (moral hazard).

Editor:
yohaneskrisnawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000