logo Kompas.id
OpiniKurikulum Bernalar
Iklan

Kurikulum Bernalar

Wabah Covid-19 membuka peluang bagi pendidikan Indonesia untuk fokus meningkatkan mutu pembelajaran bernalar secara sistematis sehingga perlu digaungkan adanya Kurikulum Bernalar.

Oleh
IWAN PRANOTO
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/fPDVpwaCT7ejNmyh2T8hSbs3h6k=/1024x768/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F11%2F20201106korb-guru-pedalaman-belajar-internet-bersama_1604660537.jpg
DOKUMEN GURU YOHANES ARAKIAN

Sejumlah guru di salah satu SMA di pedalaman Flores Timur sedang belajar internet bersama, khusus untuk sistem pembelajaran secara daring, Mei 2020.

Krisis global Covid-19 berhasil mengusik pendidikan di mana-mana. Internet dan teknologi belajar, dengan segala kelebihan dan keterbatasannya, telah menjadi media pembelajaran yang berperan besar. Sikap dan perilaku belajar siswa telah berubah. Demikian pula sikap dan pendekatan guru dalam mengajar juga berubah.

Perubahan besar tidak terjadi hanya pada bagaimana menjalankan kegiatan belajar-mengajar, tetapi juga pada apa yang dibelajarkan guru dan diharapkan dipelajari siswa. Oleh karena itu, murid dan guru sama-sama perlu menetapkan ulang kecakapan (pengetahuan, keterampilan, dan sikap) yang dikembangkan.

Editor:
yohaneskrisnawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000