logo Kompas.id
OpiniArtikel OpiniPerjuangan Kampus di Era Pandemi

Perjuangan Kampus di Era Pandemi

Semangat perjuangan di kampus-kampus sehingga menghasilkan karya inovasi semestinya mendapat tempat strategis untuk meringankan beban rakyat. Kalau perlu jadi momentum perjuangan ”kemerdekaan” dari kegemaran impor.

Oleh DJOKO SANTOSO
· 1 menit baca

Tanggal 10 November adalah tanggal sakral: memperingati kepahlawanan kolektif arek-arek Surabaya, sekaligus hari jadi Universitas Airlangga dan ITS.

Tanggal 10 November 1945 kita peringati sebagai Hari Pahlawan. Sembilan tahun kemudian, pada 1954, Bung Karno menghadiahi warga Surabaya dengan meresmikan Universitas Airlangga atau Unair. Unair merupakan pengembangan dari beberapa pendidikan tinggi, termasuk pendidikan tinggi kedokteran yang sudah ada sejak 1913 dengan nama Nederlandsch Indische Artsen School atau NIAS.

Tiga tahun kemudian dilanjutkan dengan mendirikan Institut Teknologi 10 Nopember (ITS), yang diresmikan pada 10 November 1957. Ketika Republik masih muda dan banyak infrastruktur hancur karena perang kemerdekaan, Bung Karno mengajak rakyat untuk bangkit kembali dan mengejar kemajuan. Jadi, Unair dan ITS adalah monumen hidup untuk menjaga roh perjuangan arek-arek Suroboyo lewat penyemaian intelektualitas produktif.

Editor: Yohanes Krisnawan
Bagikan
Memuat data..