logo Kompas.id
OpiniKolomKesalahan dalam Penggunaan Verba Berpreposisi

Kesalahan dalam Penggunaan Verba Berpreposisi

Untuk menghemat kata, media massa kerap menuliskan verba berpreposisi secara tidak sempurna. Seyogianya penyajian tulisan tetap patuh pada aturan, di antaranya memperlakukan penggunaan verba berpreposisi dengan tepat.

Oleh Didik Durianto
· 1 menit baca

Laras jurnalistik salah satunya terikat oleh ruang yang tersedia, khususnya keterbatasan area di lembar-lembar media cetak koran. Karena itu, langgam jurnalistik memiliki kuasa bahasa, yaitu menganut ragam tulis semiformal. Ia boleh menggunakan kalimat yang tidak lengkap; cukup dengan kalimat dan alinea pendek-pendek. Pemakaian kosakata lisan juga sah-sah saja.

Akan tetapi, kalimat jurnalistik mesti selalu mengedepankan kejernihan berbahasa agar informasi sampai kepada pembaca dengan cepat dan tepat. Menukil Kalimat Jurnalistik, Panduan Mencermati Penulisan Berita (AM Dewabrata: 2010), kalimat jurnalistik bukan sekadar kalimat dan alinea pendek, melainkan juga harus runut nalarnya.

Berangkat dari soal nalar itulah, kalimat dalam berita perlu disusun secara cermat dan terarah agar sesuai dengan jalan pikiran yang teratur dan jernih.

Editor: Emilius Caesar Alexey
Bagikan
Memuat data..