logo Kompas.id
OpiniKolomMeditasi Menghadapi Pandemi

Meditasi Menghadapi Pandemi

Kegiatan meditasi dapat dilakukan antara lain lewat yoga, apa pun agamanya atau aliran kepercayaannya, bahkan bagi yang tidak percaya Tuhan (ateis) sekalipun akan mengurangi stres, rasa bosan, depresi, dan kesakitan.

Oleh BINTORO GUNADI
· 1 menit baca

Sekarang ini, sekolah-sekolah masih banyak yang tutup karena pandemi. Pertengahan 1960-an, saat saya masih duduk di kelas 5 SD, sekolah saya di Temanggung pun ditutup. Karena sekolah digunakan untuk kegiatan yang dituduh terlibat komunis, semua gurunya diberhentikan.

Saat itu didatangkanlah guru yoga dari Solo untuk mengisi kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan seperti itu pernah dikhawatirkan akan dilarang, tetapi karena pasrah, malah tak jadi masalah.

Yoga merupakan bagian dari meditasi. Menurut para peneliti, meditasi sangat sulit didefinisikan karena caranya berbeda-beda. Ada unsur tradisi dan melibatkan kekuatan dari dalam pikiran. Kalau disederhanakan meditasi merupakan suatu praktik individu untuk latihan kesadaran sehingga mencapai kondisi mental yang jelas dan emosi yang stabil. Semua agama dan aliran kepercayaan melibatkan meditasi.

Editor: Sarie Febriane, Nur Hidayati
Bagikan
Memuat data..