logo Kompas.id
OpiniApa yang Diharapkan dari Bank ...
Iklan

Apa yang Diharapkan dari Bank Indonesia

Berdasarkan pengalaman kebanyakan perekonomian di dunia maupun BI saat penanganan krisis keuangan 1997/1998, kemandirian bank sentral sebagai pemegang tanggung jawab dan tugas otoritas moneter sangat diperlukan.

Oleh
J. Soedradjad Djiwandono
· 7 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/ZbNI1iYil_owsMYAEHOpL9xLGkU=/1024x850/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F09%2F20200916-Opini-6_Apa-yg-Diharapkan-BI_1600267277.jpg
KOMPAS/ DIDIE SW

Opini "Apa yang Diharapkan BI"

Akhir-akhir ini ramai dibahas berita bahwa pemerintah dan Badan Legislatif DPR sedang menyusun RUU perubahan ketiga UU No 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia.

Ada sejumlah butir yang menurut naskah yang diganti akan diubah atau diganti. Dari butir-butir tersebut ada dua perubahan yang ingin saya bahas di kolom ini. Butir-butir ini persoalan status, tugas, dan tanggung jawab yang melekat pada kebanyakan bank sentral di dunia. Semua saya anggap sangat penting untuk keberadaan dan berfungsinya bank sentral sebagai efektif sebagai otoritas moneter.

Editor:
yohaneskrisnawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000