logo Kompas.id
OpiniMemotret Sektor Pertanian secara Utuh

Memotret Sektor Pertanian secara Utuh

Peran perempuan dalam kegiatan budidaya pertanian semakin menentukan. Hasil SUTAS 2018 memperlihatkan bahwa jumlah petani perempuan mencakup sekitar seperempat dari total jumlah petani yang sebanyak 34 juta orang.

Oleh
Kadarmanto
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Jumat (68) memasang tali untuk mengikat jaring pelindung dari serangan hama burung di persawahan padi organik di Kampung Ciharashas, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Rabu (22/7/2020). Terjaganya kawasan persawahan ini juga membutuhkan dukungan regulasi pemerintah mengingat semakin banyaknya pembangunan permukiman-permukiman yang mendesak kawasan pinggiran.

Sektor pertanian dihadapkan pada isu kelangkaan data berkualitas tinggi untuk mendukung analisis dan perumusan kebijakan berbasis bukti yang akurat dan efektif.

Selain masalah klasik akurasi data produksi sejumlah komoditas pertanian strategis, ketersediaan data yang memotret aspek sosial ekonomi sektor pertanian secara komprehensif dan terintegrasi adalah isu mendesak yang harus dicarikan jalan keluarnya.

Editor:
yohaneskrisnawan
Bagikan