logo Kompas.id
OpiniSurat PembacaTatanan Baru Tempat Wisata

Tatanan Baru Tempat Wisata

Pemerintah mulai melonggarkan pembatasan sosial berskala besar dengan pembukaan restoran dan bioskop karena dianggap lebih mudah menerapkan protokol kesehatan dibandingkan wisata buatan manusia.

Oleh EDITOR
· 1 menit baca

Pemerintah mulai melonggarkan pembatasan sosial berskala besar dengan pembukaan restoran dan bioskop karena dianggap lebih mudah menerapkan protokol kesehatan dibandingkan wisata buatan manusia, seperti tempat bermain anak-anak dalam ruang.

Padahal, tempat wisata buatan manusia (themepark, waterpark, game/arcade, children playground) juga bisa menerapkan protokol kesehatan asalkan regulator menerapkan rumus menentukan jumlah pengunjung. Untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan, jumlah pengunjung harus dibatasi dengan rasio area publik dan umum. Untuk arena permainan sesuai Peraturan Menparekraf Nomor 30/2014 adalah 20:80. Dengan tatanan baru, rasio disesuaikan menjadi 40:60.

Ini juga berlaku untuk themepark dan waterpark. Maka, jumlah pengunjung untuk arena permainan seluas 2.000 meter persegi adalah 40% x 2.000m2: 4M2 = 200 pengunjung. Sesuai rekomendasi International Association of Amusement Park and Attraction (IAAPA) dan juga Kemenkes, jarak aman adalah 1 meter, yaitu 1 meter ke depan, ke belakang, ke samping kiri dan kanan. Total ruang butuh 4 meter. Inilah unsur pembagi di area publik.

Editor: Kompas Cetak
Bagikan
Memuat data..