logo Kompas.id
OpiniArtikel Opini”Herd Immunity”, Jalan Keluar?

”Herd Immunity”, Jalan Keluar?

Dengan populasi 270 juta jiwa di Indonesia dan belum adanya vaksin, efek herd immunity baru akan diperoleh jika 135-178 (nilai tengah 156) juta penduduk Indonesia terinfeksi Covid-19. Jadi, lupakan opsi herd immunity.

Oleh Iqbal Mochtar
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Bahana Patria Gupta

Pegawai Pemkot Surabaya melakukan peregangan tubuh saat berjemur di bawah matahari di Jalan Jimerto, Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (31/3/2020). Pada pukul 10.00, PNS Kota Surabaya bersama-sama berjemur di bawah matahari untuk meningkatkan daya tahan tubuh di saat terjadi pademi Covid-19 seperti saat ini.

Setiap negara menggunakan pendekatan berbeda dalam penanganan pandemi Covid-19. Sebagian menerapkan strategi ketat dan masif seperti screening massal hingga lockdown total. Sebagian lagi bertindak lebih longgar dengan hanya menganjurkan personal hygiene dan pembatasan kontak dengan tingkat restriksi yang berbeda.

Yang menarik, ada beberapa negara yang mengisyaratkan keinginan memanfaatkan kekebalan alami terhadap virus. Strategi terakhir ini dikenal sebagai herd immunity dan pernah dilontarkan sebagai opsi oleh beberapa kepala negara, termasuk PM Inggris.

Editor: Yohanes Krisnawan
Bagikan
Memuat data..