logo Kompas.id
OpiniKolomKorona dan Mimpi Nagara Rimba Nusa

Korona dan Mimpi Nagara Rimba Nusa

Konsentrasilah mengurus korona yang mempertaruhkan keselamatan warga. Itu tugas konstitusional. Pemindahan ibu kota bukan tugas dan kewajiban konstitusional.

Oleh Budiman Tanuredjo
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ILHAM KHOIRI

Budiman Tanuredjo

Senin, 2 Maret 2020, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Presiden Joko Widodo melempar wacana empat calon kepala badan otorita ibu kota baru. Nama kepala badan otorita akan diumumkan pada pekan ini. ”Untuk badan otorita ibu kota negara, memang kami akan segera tanda tangani peraturan presiden di mana nanti ada CEO-nya. Sampai sekarang belum diputuskan. Akan diputuskan dalam minggu ini,” kata Presiden.

Pekan ini berakhir. Nama kepala badan otorita ibu kota baru belum juga diumumkan. Berita itu tersapu dengan merebaknya virus korona baru di Indonesia. Pada hari yang sama, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga negara Indonesia positif terinfeksi korona. Kepanikan terjadi. Ketegangan belum mencapai puncak. Hari demi hari, publik menantikan perkembangan jumlah orang di Indonesia yang positif terinfeksi korona. Suasana serba tidak pasti. Pasar keuangan jatuh.

Editor: Antony Lee
Bagikan
Memuat data..