Saya hendak mengutarakan kekecewaan terhadap pelayanan Sriwijaya Air yang hingga kini belum mengembalikan uang tiket. Sriwijaya Air telah membatalkan rute penerbangan secara sepihak sehingga merugikan saya sebagai konsumen dari segi biaya dan waktu.
Saya membeli tiket Sriwijaya SJ-091 dengan rute Bengkulu–Jakarta–Solo untuk penerbangan tanggal 4 Oktober 2019 melalui aplikasi daring. Jadwal tersebut dibatalkan oleh Sriwijaya melalui SMS.
Saya menelepon kantor Sriwijaya Bengkulu untuk menanyakan solusi penggantian jadwal, tetapi petugas kantor tersebut menyarankan untuk membatalkan dan Sriwijaya akan mengembalikan uang tiket (refund).
Namun, hingga lebih dari satu bulan, uang pengembalian belum saya terima. Saya sudah beberapa kali menelepon call center kantor pusat Sriwijaya Air di Jakarta, tetapi petugas tidak dapat menginformasikan kapan uang pengembalian tersebut dikirim.
Surat ini saya tulis untuk evaluasi pelayanan bagi pihak maskapai, sekaligus pembelajaran bagi konsumen lain.
Indah Surya Wardhani
Baransari, Ngaglik, Sleman
Uang Tiket 2
Tiket Sriwijaya Air saya dengan kode booking PZWCJD untuk keberangkatan Agustus 2019 ke Surabaya, karena suatu hal, dibatalkan.
Pembatalan 12 Mei 2019 di agen Sriwijaya Air, Jl Melawai, Jakarta Selatan, dan menurut mereka telah diproses pada 16 Mei 2019. Namun, sampai saat ini belum ada pengembalian uang atas pembatalan itu.
Kami bahkan telah beberapa kali ke agen Sriwijaya Air, jawabannya selalu sama, sedang dalam proses. Demikian juga untuk surel dan telepon ke call center Sriwijaya Air.
Juffri Triyana
Kompleks Cempaka Hijau,
Ciputat Timur 15412
Uang Tiket 3
Saya membeli tiket Yogya- Jambi (JOG-DJB) pergi-pulang dengan kode booking NVAANL. Namun, penerbangan DJB-CGK-JOG (28 September 2019) dibatalkan sepihak oleh Sriwijaya Air. Saya dapat opsi refund dana full, via transfer ke rekening bank.
Menurut petugas layanan konsumen di call center Sriwijaya, proses pengembalian perlu waktu 14 hari kerja. Ini sudah berlangsung sejak 17 Oktober 2019, tetapi sampai sekarang belum saya terima.
Tiga kali saya menanyakan ke nomor hotline layanan Sriwijaya Air, berbagai alasan dikemukakan sebagai alasan. Intinya saya disuruh menunggu, entah sampai kapan.
Hangudi W Hutama
Taman Pilahan Asri,
Kotagede, Yogyakarta 55171
Uang Tiket 4
Pada 9 September 2019 saya memesan tiket Sriwijaya Air, kode booking WQBWHJ atas nama Ela Nurmalawati, untuk penerbangan Bengkulu–Jakarta pada 28 September 2019. Harga tiket Rp 979.000.
Tanggal 25 September 2019 pihak Sriwijaya Air mengirim SMS ihwal pengalihan penerbangan menjadi 3 Oktober 2019. Hari itu juga saya datang ke kantor Sriwijaya Air di Bandara Fatmawati Soekarno, Bengkulu. Karena harus berangkat pada 28 September 2019, saya memilih opsi pengembalian tiket dan dilayani oleh Maharani. Dalam proses tersebut diinformasikan bahwa nilai refund Rp 863.500.
Satu minggu kemudian, saya baru menyadari bahwa nomor rekening yang saya sampaikan salah. Pada 3 Oktober 2019 saya kembali melapor ke kantor Sriwijaya Air di Bandara Fatmawati Soekarno.
Petugas menyatakan penggantian nomor rekening tidak dapat dilakukan karena saya harus menunggu dihubungi oleh Sriwijaya Air saat proses transfer gagal.
Sekian lama menunggu, saya tidak juga dihubungi. Saya bertanya ke website Sriwijaya Air dan direspons dengan jawaban via surel, bahwa apabila terjadi kesalahan nomor rekening, mohon melapor lagi ke kantor Sriwijaya Air.
Tanggal 31 Oktober 2019 saya ke kantor Sriwijaya Air Bandara Fatwawati Soekarno. Namun, jawabannya, nomor rekening tidak dapat diganti.
Sindu Senjaya Aji
Bengkulu