logo Kompas.id
OpiniArtikel OpiniJalan Konstitusional

Jalan Konstitusional

Setiap demokrasi yang dipraktikkan oleh sebuah negara pasti memberi jalan konstitusional Dalam buku Syarah Konstitusi Masudi menyebut bahwa konstitusi sebagai hukum dasar merupakan kesepakatan umum konsensus warga negara mengenai norma dasar grundnorm dan aturan dasar grund gesetze dalam

Oleh Moch Nurhasim
· 1 menit baca

Setiap demokrasi yang dipraktikkan oleh sebuah negara pasti memberi jalan konstitusional. Dalam buku Syarah Konstitusi, Mas’udi menyebut bahwa konstitusi sebagai hukum dasar merupakan kesepakatan umum (konsensus) warga negara mengenai norma dasar (grundnorm) dan aturan dasar (grund gesetze) dalam kehidupan bernegara.

Itulah hakikat jalan konstitusional yang dapat dimaknai sebagai dasar fundamental yang mengatur praktik demokrasi sebuah negara. Konsensus berpolitik dan berdemokrasi merupakan osmosis rekonsiliasi nilai bersama dalam membangun cita-cita bernegara. Dalam konteks itulah, demokrasi sebagai sistem politik diatur, termasuk segala turunannya, seperti bagaimana demokrasi elektoral akan dipraktikkan.

Dan, apabila terjadi perselisihan dalam berdemokrasi, sebagai contoh perselisihan hasil pemilu, semua pihak harus mengembalikan kepada konstitusi dengan segala peraturan turunannya agar demokrasi tegak sesuai dengan filosofinya.

Editor:
Bagikan
Memuat data..