logo Kompas.id
OpiniMenggugat ”Influencer”, antara...
Iklan

Menggugat ”Influencer”, antara Mencari Duit dan Etika

Penggunaan orang berpengaruh di media sosial (influencer) memicu perdebatan tentang standar dan pengawasan materi promosi di media sosial. Konsumen mulai mengeluhkan materi promosi produk di media sosial yang kadang berlebihan.

Oleh
Andreas Maryoto
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/9qXnymxV2CJI7KBB7h0zfQAGjHw=/1024x1215/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F01%2F20190111IAM-Andreas-Maryoto_1547209674.jpg
Kompas

Andreas Maryoto, wartawan senior Kompas

Penggunaan orang berpengaruh di media sosial (influencer) memicu perdebatan tentang standar dan pengawasan materi promosi di media sosial. Konsumen mulai mengeluhkan materi promosi produk di media sosial yang kadang berlebihan.

Masalah ini menjadi pemicu sejumlah kalangan untuk memikirkan pengawasan materi iklan di media sosial. Repotnya, banyak iklan yang tersembunyi alias tak gamblang menyebut merek tertentu.

Editor:
prasetyoeko
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000