logo Kompas.id
OpiniArtikel OpiniIndonesia dan Indo-Pasifik

Indonesia dan Indo-Pasifik

Pada 20 Maret 2019 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menyelenggarakan pertemuan High Level Dialogue on Indopacific Cooperation Dialog Tingkat Tinggi tentang Kerja Sama Indo-Pasifik di Jakarta Pertemuan tersebut selain dihadiri oleh negara-negara ASEAN juga diikuti oleh sejumlah negar

Oleh RM Michael Tene
· 1 menit baca

Pada 20 Maret 2019, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menyelenggarakan pertemuan High Level Dialogue on Indopacific Cooperation (Dialog Tingkat Tinggi tentang Kerja Sama Indo-Pasifik) di Jakarta.

Pertemuan tersebut selain dihadiri oleh negara-negara ASEAN juga diikuti oleh sejumlah negara besar yang dalam beberapa tahun terakhir ini telah aktif meluncurkan strategi-strategi politik, ekonomi, dan pertahanan yang mencakup kawasan Samudra Hindia dan Samudra Pasifik atau Indo-Pasifik. Indonesia termasuk salah satu negara yang juga aktif mengembangkan strategi untuk kerja sama Indo-Pasifik. Mengapa?

Kemajuan ekonomi dan pertimbangan strategis lainnya juga mendorong negara-negara kawasan untuk memodernisasi dan meningkatkan kapasitas militernya. Perkembangan tersebut perlahan, tetapi pasti telah mengubah peta kekuatan di kawasan, yang beberapa dekade pasca-Perang Dunia II didominasi oleh Amerika Serikat, Rusia, Inggris, dan Jepang. Perubahan-perubahan strategis tersebut membawa peluang dan tantangan. Peluang untuk terus meningkatkan kemajuan sosial-ekonomi negara-negara kawasan dan tantangan untuk mengatasi kecurigaan dan ketidakpercayaan, dan mempertahankan perdamaian dan stabilitas kawasan.

Editor:
Bagikan
Memuat data..