logo Kompas.id
OpiniTajuk RencanaIndonesia dan Indo-Pasifik

Indonesia dan Indo-Pasifik

Indo-Pasifik beberapa waktu terakhir sering disebut dalam berbagai pertemuan internasional Kata tersebut merefleksikan tren perubahan yang sedang terjadi Dari sisi geografis lebih kurangnya Indo-Pasifik mewakili sebuah area luas yang membentang dari Samudra Pasifik hingga Samudra Hindia A

· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/HAMZIRWAN

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) berfoto bersama pemimpin 10 negara ASEAN dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbul (keenam kiri) di sela Konferensi Tingkat Tinggi Khusus ASEAN-Australia di Sydney, Australia, Sabtu (17/3/2018). Untuk pertama kalinya Australia menggelar KTT Khusus ASEAN yang menandai babak baru hubungan kerja sama di kawasan Asia Pasifik.

"Indo-Pasifik” beberapa waktu terakhir sering disebut dalam berbagai pertemuan internasional. Kata tersebut merefleksikan tren perubahan yang sedang terjadi.

Dari sisi geografis, lebih kurangnya Indo-Pasifik mewakili sebuah area luas yang membentang dari Samudra Pasifik hingga Samudra Hindia. Ada banyak negara yang terkait dengan kawasan luas ini, antara lain, meliputi China, Amerika Serikat, dan negara-negara Asia Tenggara atau ASEAN.

Editor:
Bagikan
Memuat data..