logo Kompas.id
OpiniArtikel OpiniKeadaban Berdemokrasi

Keadaban Berdemokrasi

Berdemokrasi merupakan pilihan politik dalam berbangsa dan bernegara untuk menghadirkan pemimpin dari rakyat sebagaimana definisi demokrasi itu sendiri pemerintahan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat Supaya lahir pemerintahan yang demokratis Robert W Dahl menyebut delapan unsur sebagai pras

Oleh Ahmad Sahide
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Aktivis yang tergabung dalam Komite Rakyat Pemberantas Korupsi menggelar unjuk rasa di depan Istana Merdeka Jakarta, Selasa (8/1/2019). Mereka menyerukan untuk menghapus pasal karet dalam UU ITE atau merevisinya agar tidak digunakan sebagai senjata para koruptor untuk menyerang balik aktivis antikorupsi.

Berdemokrasi merupakan pilihan politik dalam berbangsa dan bernegara untuk menghadirkan pemimpin dari rakyat sebagaimana definisi demokrasi itu sendiri, pemerintahan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Supaya lahir pemerintahan yang demokratis, Robert W Dahl menyebut delapan unsur sebagai prasyarat negara demokratis.

Delapan unsur itu: adanya kebebasan membentuk dan bergabung dalam organisasi, adanya kebebasan berekspresi, adanya hak dipilih dan memilih, terbukanya ruang yang relatif sama untuk menduduki jabatan-jabatan publik, diberi ruang bagi pemimpin politik untuk berkompetisi dalam mendapatkan dukungan atau dengan memberikan dukungan, tersedianya alternatif sumber-sumber informasi, terselenggaranya pemilu yang bebas dan adil, pelembagaan pembuatan kebijakan pemerintah yang merujuk atau tergantung suara rakyat lewat pemungutan suara ataupun cara-cara lain sejenis.

Editor:
Bagikan
Memuat data..