logo Kompas.id
OpiniKolomPengaturan Makan Pasien Hemodialisis

Pengaturan Makan Pasien Hemodialisis

Ayah saya 63 tahun menderita darah tinggi sejak 10 tahun lalu Ayah mula-mula cukup patuh minum obat darah tingginya tetapi kemudian menghentikan obat tersebut dan hanya minum obat herbal Dia juga malas ke dokter tetapi saya mendesak terus sehingga kemudian bersedia ke dokter Ketika berkonsult

Oleh DR SAMSURIDJAL DJAUZI
· 1 menit baca
Memuat data...
ARSIP PRIBADI

Samsuridjal Djauzi

Ayah saya (63 tahun) menderita darah tinggi sejak 10 tahun lalu. Ayah mula-mula cukup patuh minum obat darah tingginya, tetapi kemudian menghentikan obat tersebut dan hanya minum obat herbal. Dia juga malas ke dokter, tetapi saya mendesak terus sehingga kemudian bersedia ke dokter. Ketika berkonsultasi dengan dokter, diketahui tekanan darah masih tinggi dan dokter memberikan penjelasan tentang bahaya tekanan darah yang tak terkendali.

Menurut dokter, tekanan darah yang tinggi dalam jangka lama berpotensi menimbulkan stroke, pembengkakan jantung, penyakit jantung koroner, kelainan pada mata, serta penurunan fungsi ginjal. Akhirnya saya mendesak ayah agar bersedia melakukan pemeriksaan lengkap dan ternyata ayah mengalami gangguan fungsi ginjal. Hasil ureum dan kreatininnya meningkat dan pemeriksaan eGFR yang seharusnya di atas 90 hanya 32.

Editor:
Bagikan
Memuat data..