logo Kompas.id
OpiniArtikel OpiniAngka Kemiskinan Satu Digit

Angka Kemiskinan Satu Digit

Setelah empat tahun berkuasa pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla tak hanya dinilai berhasil menurunkan angka kemiskinan hingga satu digit tetapi juga sukses menurunkan angka ketimpangan sosial Seperti dirilis Badan Pusat Statistik BPS tingkat kemiskinan di Indonesia pada Maret 2018 sebesar

Oleh Bagong Suyanto
· 1 menit baca
Memuat data...
DOKUMEN BPBD MALUKU TENGAH.

Kondisi warga di Desa Maneo Rendah, Kecamatan Seram Utara Timur Seti, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku yang mengalami kelaparan.

Setelah empat tahun berkuasa, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla tak hanya dinilai berhasil menurunkan angka kemiskinan hingga satu digit, tetapi juga sukses menurunkan angka ketimpangan sosial.

Seperti dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat kemiskinan di Indonesia pada Maret 2018 sebesar 9,82 persen, turun dari Maret 2017 yang sebesar 10,64 persen dan lebih rendah dari September 2017 yang sebesar 10,12 persen. Di era Reformasi, baru pertama kali ini tingkat kemiskinan di Indonesia berhasil ditekan di bawah angka dua digit. Sebelumnya, tingkat kemiskinan selalu di atas 10 persen, bahkan mencapai 23,4 persen di 1999, atau selepas krisis 1997-1998.

Editor:
Bagikan
Memuat data..