logo Kompas.id
OpiniNetflix dan Senja Kala...
Iklan

Netflix dan Senja Kala Televisi

Oleh
Ignatius Haryanto
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/e8hFrZYVzfnhl9iVJStoVDGAPNs=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F04%2F436205_getattachmentc470940f-f759-4322-bf80-48c12af872b1427592.jpg
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Iflix dan Netflix, salah satu layanan streaming film yang kini populer di Indonesia. Pengguna dapat berlangganan untuk menikmati beragam tayangan film dan serial televisi melalui gawai.

Pada dekade 1980-an pernah ada sebuah lagu yang berjudul ”Video Kill the Radio Star”, dibawakan oleh band The President of the United States of America.

Lagu itu menggambarkan bagaimana perubahan konsumsi media yang dilakukan masyarakat seiring ditemukannya media baru yang mematikan bintang-bintang atau artis dari media sebelumnya, dalam hal ini radio. Tentu saja banyak argumen yang bisa diajukan bahwa judul lagu itu terlalu simplistis, mengada-ada, tidak realistis, tidak sedemikian hitam putih, dan melupakan kompleksitas dalam urusan memahami audiens dalam mengonsumsi media.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000