logo Kompas.id
OpiniArtikel OpiniMengundang Dosen Asing

Mengundang Dosen Asing

Peraturan Presiden Nomor 202018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing telah ditetapkan Hal ini tentu membuka peluang juga bagi dosen asing untuk datang dan bekerja lebih lama sebagai dosen di perguruan tinggi di Indonesia Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang dikutip wartawan me

Oleh Ali Ghufron Mukti
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ESTER LINCE NAPITUPULU

Direktur Jenderal Sumber Daya Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Kemenristek dan Dikti Ali Ghufron Mukti (kedua dari kanan) menjelaskan dukungan pemerintah untuk meingkatkan perguruan tinggi Indonesia dengan mendatangkan dosen asing.

Peraturan Presiden Nomor 20/2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing telah ditetapkan. Hal ini tentu membuka peluang juga bagi dosen asing untuk datang dan bekerja lebih lama sebagai dosen di perguruan tinggi di Indonesia.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang dikutip wartawan menyampaikan akan mengundang 200 dosen luar negeri. Beberapa pengamat pendidikan dan dosen memberikan pemikiran untuk harus ekstra hati-hati dalam urusan dosen asing ini. Bahkan, beberapa dosen merasa mendatangkan dosen asing sebagai sebuah ancaman bagi eksistensi mereka. Sebagian bahkan mengkhawatirkan pengaruhnya terhadap nilai-nilai kebangsaan, lokal, dan keindonesiaan.

Editor:
Bagikan
Memuat data..