logo Kompas.id
OpiniTajuk RencanaOKI dan Posisi Indonesia

OKI dan Posisi Indonesia

Sikap tegas dan satu suara anggota Organisasi Kerja Sama Islam sangat penting untuk memperjuangkan solusi bagi dua negara Israel dan Palestina Pada sidang darurat Organisasi Kerja Sama Islam OKI di Istanbul Turki Rabu 1312 kebersamaan itu penting untuk ditunjukkan Apalagi OKI yang

· 1 menit baca

Sikap tegas dan satu suara anggota Organisasi Kerja Sama Islam sangat penting untuk memperjuangkan solusi bagi dua negara Israel dan Palestina.

Pada sidang darurat Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Istanbul, Turki, Rabu (13/12), kebersamaan itu penting untuk ditunjukkan. Apalagi, OKI yang dibentuk setelah Deklarasi Rabat 1969 awalnya memang fokus pada isu politik, khususnya soal Palestina. Kini OKI tak lagi fokus hanya memperjuangkan Palestina, tetapi negara anggota OKI pasti tidak lupa sejarah pembentukan organisasi ini.

Keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menjadikan Jerusalem sebagai ibu kota Israel jelas mencederai seluruh perjanjian internasional yang terkait. Hal itu seolah meniadakan upaya damai yang dirintis oleh banyak negara dan banyak organisasi internasional pascaperang Arab-Israel tahun 1967.

Editor:
Bagikan
Memuat data..