logo Kompas.id
OpiniArtikel OpiniTiga Tahun Reforma Agraria

Tiga Tahun Reforma Agraria

Apa capaian penting pemerintahan Jokowi dari sisi agraria Pemerintahan ini memulai dengan langkah baik membentuk Kementerian Agraria dan Tata RuangBadan Pertanahan Nasional yang tugas utamanya melaksanakan reforma agraria dan penyelesaian konflik agraria sesuai nawacita Sayangnya hingga se

Oleh IWAN NURDIN
· 1 menit baca

Apa capaian penting pemerintahan Jokowi dari sisi agraria? Pemerintahan ini memulai dengan langkah baik, membentuk Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, yang tugas utamanya melaksanakan reforma agraria dan penyelesaian konflik agraria sesuai nawacita.

Sayangnya, hingga sekarang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) belum tampil ke depan menyempurnakan ide dan praktik pelaksanaan reforma agraria yang diperintahkan Presiden sesuai Perpres No 75/2017 tentang Kementerian ATR/BPN RI. Bahkan, usulan draf peraturan pelaksana reforma agraria tak juga masuk ke meja Presiden.

Tampaknya Kementerian ATR/BPN masih berkutat dengan pekerjaan pokok sebelumnya, yakni menerbitkan sertifikat tanah. Sejatinya, pekerjaan ini adalah pelayanan kepada rakyat yang bertanah, tetapi belum memiliki alas hak. Padahal, makna reforma agraria adalah melayani rakyat golongan ekonomi lemah tak bertanah atau bertanah sempit sehingga mereka terjerembab kemiskinan.

Editor:
Bagikan
Memuat data..