logo Kompas.id
OpiniAnomali Data Makro dan Mikro
Iklan

Anomali Data Makro dan Mikro

Oleh
ARI KUNCORO
· 9 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/Vlrg2xdFaI4Z8hQ0he8XpI_a5uk=/1024x576/http%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F08%2F20170808H6_ENGLIS-TAJUK-1_A_web.jpg
Kompas/Totok Wijayanto

Konsumen berbelanja di pusat perbelanjaan retail di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, 27 Juli 2017. Berdasarkan data Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia, pertumbuhan belanja retail pada Juni 2017 ialah 5-6 persen, hanya separuh dari pertumbuhan di periode yang sama tahun lalu, yakni sebesar 11,75 persen.

Beberapa minggu terakhir ini media massa, media sosial, dan kelompok Whatsapp diramaikan oleh perdebatan terjadinya perbedaan (discrepancy) antara data makroekonomi Indonesia, yaitu pertumbuhan produk domestik bruto, dan data/survei mikro di pasar retail.

Editor:
Bagikan