Semangat Suporter, Inspirasi Jersei Timnas Indonesia Kreasi Erspo
Timnas Indonesia memiliki jersei baru yang dibuat Erspo. Harga jersei termahal dibanderol hampir Rp 1,3 juta.
JAKARTA, KOMPAS — Erspo, apparel tim nasional Indonesia, resmi meluncurkan jersei terkini untuk digunakan pada periode 2024-2025. Semangat suporter menjadi inspirasi bagi desain dan pola motif yang menghiasi empat macam seragam tempur skuad ”Garuda” yang akan debut digunakan pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Vietnam, Kamis (21/3/2024), di Jakarta.
Sebagai gebrakan di jersei perdana kreasinya, Erspo menggunakan jenis kain jacquard atau kain bercorak rumit nan detail. Teknologi itu telah digunakan apparel dunia, seperti Nike dan Adidas, untuk jersei timnas edisi Piala Dunia 2022.
Baca juga: Seragam Baru “Garuda” Bangkitkan Memori Emas SEA Games 1987
Adapun jersei timnas periode 2022-2023 yang dibuat Mills juga telah memperkenalkan kain jacquard. Namun, jersei kreasi Erspo menyematkan pola yang tidak seragam karena terdapat tiga pola berbeda di dalam satu helai jersei. Pola itu digunakan untuk jersei kandang berwarna merah, jersei tandang berwarna putih, serta dua jersei kiper yang berwarna navy atau biru tua serta hijau neon.
Misi kami adalah menunjukkan jenama lokal memiliki kualitas setara dengan jenama dunia. Saya melihat desain (jersei) bagus dan perpaduan warnanya fleksibel.
CEO sekaligus pendiri Erspo, Muhammad Sadad, mengungkapkan, desain dan model jersei Indonesia itu terinspirasi dari seragam tempur Garuda ketika menumbangkan Jepang, 2-0, Februari 1981. Warna merah terang menjadi warna dasar kostum, lalu terdapat kerah melingkar berwarna putih serta di kedua ujung lengan terdapat pola lingkaran warna putih pula.
”Harapan kami, jersei ini memberikan suntikan semangat kepada pemain untuk tampil maksimal. Semoga dengan jersei ini timnas bisa mencatatkan kemenangan pertama di kualifkasi Piala Dunia dalam 20 tahun terakhir,” ujar Sadad dalam acara peresmian koleksi timnas Indonesia, Senin (18/3/2024), di Jakarta.
Agenda peresmian itu dikemas serupa acara peragaan busana. Hal itu belum pernah terjadi di peluncuran jersei timnas Indonesia sebelumnya. Sebanyak 16 pemain nasional, seperti Marc Klok, Ivar Jenner, Rafael Struick, Asnawi Mangkualam, Nadeo Argawinata, dan Witan Sulaeman, lalu dua pemain timnas putri, Safira Ika dan Claudia Scheunemann, memperagakan jersei terbaru timnas dengan berjalan di catwalk.
Baca juga: Mills, Habis Timnas Terbit Ambisi Mendunia
Stephen Oei, anggota tim perancang jersei timnas dari Makna Creative Lab, menyebut desain dan filosofi jersei timnas itu bertajuk echoes of allegiance atau gemuruh kesetiaan. Filosofi itu didasari dari peran penting suporter yang selalu mendukung skuad Garuda setiap tampil di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.
Berawal dari itu, Stephen mengungkapkan, pihaknya memvisualisasikan tiga elemen dari dukungan suporter dari tribune ke dalam tiga pola jacquard. Pertama, pola terinsiprasi dari tepuk tangan dan entakkan kaki suporter. Kedua, suara teriakan penonton. Ketiga, diwujudkan dari dentuman drum.
”Kami ingin menggambarkan kecintaan besar masyarakat Indonesia kepada timnas dan sepak bola. Dengan jersei ini, kami berharap kekuatan dari dukungan suporter bisa bertransformasi menjadi spirit untuk pemain ketika bertanding,” tutur Stephen.
Selain terkait pola yang dihadirkan seragam di empat jersei tanding timnas, Makna juga mengkreasikan emblem timnas yang mempertahankan logo Garuda dengan dilatari perisai.
Ada tiga partikel di dalam logo timnas kreasi Erspo, yaitu perisai yang melambangkan kekuatan dan perlindungan, garis berwarna emas yang menyimbolkan ikatan kolektif, serta burung Garuda yang menjadi identitas dan kemegahan bangsa Indonesia. Pada jersei kandang dan seragam kiper biru tua, perisai berwarna putih. Adapun pada jersei tandang dan seragam kiper hijau neon, perisai berwarna merah.
Baca juga: Menjadi ”Tuan” di Kompetisi Sendiri
Selain itu, Makna juga membuat player nameset yang meliputi nama dan nomor punggung pemain. Untuk jenis nomor dan nomor itu, Makna memadukan dengan jambul yang berada di kepala Garuda.
”Jambul ini yang menjadi ciri khas Garuda dibandingkan lambang negara lainnya, misalnya elang,” kata Stephen.
Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyambut positif jersei terbaru timnas. ”Misi kami adalah menunjukkan jenama lokal memiliki kualitas setara dengan jenama dunia. Saya melihat desain (jersei) bagus dan perpaduan warnanya fleksibel,” ujar Erick yang dalam acara itu duduk berdampingan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, serta mantan Menteri Perindustrian Saleh Husin.
Terkait banyaknya sentimen negatif di media sosial tentang jersei teranyar timnas, Erick menilai sah-sah saja suporter dan warganet memberikan penilaian sendiri. ”Itu kan bagian dari demokrasi,” katanya.
Baca juga: Gandeng Mills, Klub Inggris Tranmere Rovers Rilis Kostum Baru
Mimpi terwujud
Selain inspirasi dari suporter, bagi Sadad membawa Erspo sebagai apparel timnas Indonesia adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Meskipun telah lebih dulu dikenal sebagai orang di balik jenama fashionstreetwear, Erigo, Sadad sejak lama memiliki mimpi untuk membuat jersei tanding skuad Garuda.
”Pada final Piala AFF 2010, saya membawa jersei timnas untuk dijual emperan di kawasan Stadion Bukit Jalil (Malaysia). Secara pribadi, kehadiran Erspo membuat seragam timnas ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan,” kata Sadad.
Erspo akan menjual tiga jenis jersei yang bisa dibeli suporter timnas, yaitu player issue yang setara dengan digunakan pemain, lalu replika yang harga lebih murah tetapi tetap menyematkan kain jacquard, dan versi suporter yang harga lebih terjangkau. Khusus untuk harga jersei player issue dibanderol Rp 1.299.000, sedangkan jersei replika Rp 599.000 dan jersei suporter Rp 199.000. Lalu, ada pula jersei ukuran anak-anak usia 4 tahun hingga 12 tahun.
Lihat juga: ”Jersey” Timnas Indonesia dari Warrix
Selain jersei tanding, Erspo juga menyediakan beberapa perlengkapan timnas lain, di antaranya seragam latihan, jaket latihan, jaket casual, serta kaus polo tim. Semua perlengkapan itu akan dijual di pasaran dalam beberapa hari ke depan melalui toko daring dan toko luring Erspo.