Peningkatan kualitas Sirkuit Mandalika menyambut Kejuaraan Dunia Superbike yang dilakukan oleh PT PP bersama konsultan kelas dunia Dromo Design, sudah mendekati 100 persen. Aspek penyelenggaraan pun dibenahi.
Oleh
AGUNG SETYAHADI
·6 menit baca
DOKUMENTASI ITDC-MGPA
Pera pekerja sedang mengeruk area gravel di Tikungan 10 Sirkuit Pertamina Mandalika, sebelum dilakukan pelebaran area run off, Rabu (24/8/2022). Peningkatan kualitas trek dilakukan atas permintaan FIM yang meliputi pengasapalan lintasan balap, pelebaran area run off, serta peningkatan unsur keselamatan. Pekerjaan yang dimulai pada 20 Agustus dan ditargetkan selesai pada 30 September ini, dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan bekerjasama dengan konsultan desain dan supervisi Studio Dromo asal Italia.
JAKARTA, KOMPAS – Sirkuit Mandalika menawarkan pengalaman yang lebih baik dari para penggemar balap motor saat menyaksikan Kejuaran Dunia Superbike seri Indonesia, pada 11-13 November 2022. Balapan dipastikan akan lebih seru dengan peningkatan kualitas trek yang dilakukan di bawah pengawasan konsultan kelas dunia Dromo Design dari Italia. Selain itu, kenyamanan penonton ditingkatkan dengan perbaikan manajemen transportasi, akomodasi, alokasi tiket, serta suguhan hiburan di area tengah sirkuit.
Persiapan menggelar Kejuaraan Dunia Superbike dilakukan simultan oleh pemilik sirkuit PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) dan pengelola sirkuit Mandalika Grand Prix Association (MGPA), bekerjasama dengan para pihak terkait. Berkaitan dengan peningkatan kualitas trek, ITDC dan MGPA bekerjasama dengan PT Pembangunan Perumahan (PP) yang menggandeng konsultan Dromo Design.
Pekerjaan utama peningkatan kualitas trek ini adalah pelebaran area run off, memodifikasi kerb biasa yang semula lebarnya 1 meter menjadi kerb Misano dengan lebar 1,5 meter, serta pengaspalan ulang di beberapa bagian trek. Saat ini, semua kerb di Mandalika sudah menjadi kerb Misano dan tinggal dilakukan pengecatan. Sedangkan pelebaran area run off di tikungan 1, 10, 11, 12, 13, dan 16, sudah memasuki tahap lapisan akhir.
"Sejak MotoGP selesai (18-20 Maret), Dorna dan FIM melakukan audiensi dengan kami, ITDC dan IMI. Mereka memberi beberapa pekerjaan yang di dalamnya ada perbaikan permukaan lintasan dari sisi traksi, kehalusan, dan berbagai aspek teknis lainnya. Kedua, adalah perbaikan area run off pada beberapa tikungan. Ketiga, perubahan beberapa kerb yang sebelumnya masih kerb biasa menjadi kerb Misano dengan ukuran standar," ungkap Direktur Utama MGPA Priandhi Satria di Jakarta, Rabu (5/10/2022).
DOKUMENTASI ITDC-MGPA
Pera pekerja sedang mengeruk area gravel di Tikungan 10 Sirkuit Pertamina Mandalika, sebelum dilakukan pelebaran area run off, Rabu (24/8/2022). Peningkatan kualitas trek dilakukan atas permintaan FIM yang meliputi pengasapalan lintasan balap, pelebaran area run off, serta peningkatan unsur keselamatan. Pekerjaan yang dimulai pada 20 Agustus dan ditargetkan selesai pada 30 September ini, dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan bekerjasama dengan konsultan desain dan supervisi Studio Dromo asal Italia.
Run off diminta dilebarkan untuk menambah safety (keselamatan) dan keseruan balap.
"Run off diminta dilebarkan untuk menambah safety (keselamatan) dan keseruan balap. Selama ini, saat pebalap terlalu kencang memasuki tikungan dan masuk area run off, masih ada kemungkinan masuk gravel (kerikil), kalau sudah masuk gravel sudah tidak mungkin mengejar lagi. Tetapi, dengan run off yang lebih lebar, diharapkan pebalap bisa kembali ke lintasan dan terjadi persiangan yang lebih sengit, sehingga akan memuaskan dari segi tontonan," ungkap Priandhi.
"Pelebaran run off sedang kita kerjakan, tetapi secara prinsipnya sudah 100 persen pada lapisan kedua, dan tinggal dilakukan satu pelapisan final. Kerb sudah semuanya dimodifikasi menjadi kerb Misano dan tinggal dilakukan pengecetan," jelas Andhi, sapaan Priandhi.
Sedangkan untuk pengaspalan ulang sebagian trek untuk meningkatkan traksi dan kerataan permukaan, menurut Andi, akan dimulai pada 15 atau 16 Oktober, setelah lomba inovasi mobil berenergi terbarukan antarmahasiswa Shell Eco-Marathon. Pengaspalan ulang trek ditargetkan selesai pada 30 Oktober.
Keunggulan Dromo Design
Perbaikan trek itu dikerjakan oleh PT PP dengan konsultan Dromo Design yang dipimpin oleh desainer sirkuit Jarno Zaffelli. Dromo dipilih sebagai konsultan karena memiliki banyak pengalaman di berbagai sikuit MotoGP dan Formula 1, dengan hasil sangat bagus. Dromo juga memiliki jalur komunikasi yang bagus dengan FIM dan FIA, yang sangat krusial bagi Mandalika yang berusaha mendapatkan homologasi untuk balapan internasional roda dua dan roda empat. Untuk balap roda empat, targetnya adalah homologasi FIA Grade 2.
ITDC-MGPA
Harga tiket Kejuaraan Dunia Superbike di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nuisa Tenggara Barat, 11-13 November 2022.
"Setelah PT PP berdiskusi dengan sejumlah pihak, maka muncul beberapa nama konsultan sirkuit, di antaranya (Hermann) Tilke, Dromo Design, dan Driven Internasional. PP kemudian melakukan assessment dan menunjuk Dromo yang diwakili oleh Jarno untuk menjadi konsultan mereka, dan biaya ditanggung oleh PT PP," jelas Andhi.
"Sebelum melakukan finalisasi, mereka berkordinasi dengan FIA, FIM, dan Dorna, karena kami memang mencari expertise yang bisa berhubungan dengan FIM dan FIA. Kami tidak ingin melakukan resurfacing dan track improvement, di mana FIM dapat (homologasi) tetapi FIA tidak, atau giliran FIA dapat tetapi saat WSBK datang kita nggak punya homologasi. Jadi, dua-duanya jalan, sehingga saat track improvement selesai kita dapat (homologasi) FIM dan FIA," jelas Andhi.
"Homologasi FIA target saya selesai bersamaan dengan track improvement, di mana pengaspalan ulang akan dimulai pada 15 atau 16 Oktober, setelah Shell Eco-Marathon. Jadi, kami sedang bolak-balik mengirimkan dossier (dokumen terkait) termasuk 3D drawing. Salah satu kelebihan Dromo adalah mampu melakukan simulasi tiga dimensi," ungkap Andhi.
Simulasi tiga dimensi itu salah satunya diterapkan untuk memperbaiki drainase sirkuit untuk mencegah genangan air saat hujan lebat. Saat MotoGP berlangsung pada Maret lalu, genangan air di beberapa bagian trek, perlu waktu lama untuk kering.
ITDC-MGPA
Harga tiket Kejuaraan Dunia Superbike di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nuisa Tenggara Barat, 11-13 November 2022.
"Mereka juga bisa melakukan simulasi hujan, sehingga diketahui ke mana air mengalir di permukaan trek. Di komputer terlihat air akan menggenang di mana, lantas dibandingkan dengan foto-foto saat MotoGP dan memang cocok, jadi sudah tahu arah air ke mana," ujar Andhi.
"Pada awal Dromo datang, mulainya memang lambat, karena mereka meminta didatangkan laser scanner (tiga dimensi) dari luar negeri, mereka tidak mau memakai laser scanner yang ada di sini. Tetapi, dengan laser scanner yang ada pun, mereka sudah tahu potensi genangan ada di mana. Kemudian, berdasar simulasi mereka, kami mulai memotong-motong aspal supaya genangan bisa dibuang ke arah tertentu, dan itu akan dilakukan bersamaan dengan track improvement," jelas Andhi.
Terkait dengan penyelenggaraan balapan, ITDC dan MGPA, menggunakan catatan hasil evaluasi penyelenggaraan MotoGP pada Maret lalu, untuk memperbaiki operasional. Beberapa kendala waktu itu adalah kemacetan lalu lintas, harga akomodasi yang naik tajam, serta area festival yang becek karena masih tanah.
Untuk mengantisipasi kemacetan, ITDC dan MGPA, bekerjasama dengan Polda NTB, sudah melakukan beberapa simulasi lalu lintas. Penyebab kemacetan, salah satunya putaran balik, sebagian ditutup sehingga jalan menjadi searah. Jumlah shuttle bus juga akan dikurangi, karena terlalu banyak bus ternyata justru menyebabkan kemacetan. Kantong-kantong parkir kini ditambah menjadi 28 area dengan pengerasan dan lampu. Kantong parkir bisa menampung 110 bus, 9.116 mobil, dan 3.172 motor. Penonton bisa menggunakan kendaraan pribadi parkir di sana, kemudian bisa menggunakan shuttle bus atau jika dekat dengan gerbang masuk sirkuit bisa berjalan kaki.
ITDC-MGPA
Harga tiket Kejuaraan Dunia Superbike di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nuisa Tenggara Barat, 11-13 November 2022.
"Akomodasi juga sudah dikordinasikan dengan pemerintah daerah agar harga wajar, kenaikan jangan terlalu tinggi, sehingga tidak menyusahkan calon penonton," ungkap Andhi.
Penginapan di Mandalika saat ini memang belum mencukupi permintaan, terutama jika target jumlah penonton terpenuhi. Untuk Superbike tahun ini, ada 45.678 tiket yang disediakan dengan lima kategori. Sedangkan ketersediaan kamar Mataram, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, dan Lombok Barat, secara keseluruhan hanya 11.162 kamar. Untuk Lombok Tengah di mana Sirkuit Mandalika berada, baru ada 908 kamar. Pada tahun ini, ada tambahan 856 kamar dari Hotel Pullman 257 kamar, Hotel Raja 201 kamar, dan sarana hunian wisata dari Kementerian PUPR 398 kamar.
Sarana akomodasi itu tidak sepenuhnya tersedia untuk penonton, karena sebagian dipakai oleh tim-tim balap Superbike, Supersport, Supersport 300, serta Asia Talent Cup. Keterbatasan sarana akomodasi itu diharapkan tidak memicu lonjakan harga yang drastis seperti saat MotoGP pada Maret lalu.